Senin, 25 Februari 2013

Kuliner

Kuliner

Kota purbalingga ini memiliki berbagai ragam jenis makanan yang sangat menarik untuk di coba.
Mulai dari makanan pokok,pembuka,cemilan dan minuman yang menyegarkan.
Berikut nama-nama kuliner dari kota purbalingga :

GETUK GORENG
Getuk goreng panganan yang manis dan gurih ini terbuat dari singkong yang di haluskan di beri tambahan gula merah dan di goreng hingga kecoklatan.
Getuk goreng mampu bertahan hingga 1 minggu apabila di simpan di lemari pendingin.

















 SATE BLETER
Sate blater sebelum dibakar harus direndam dalam bumbu rahasia racikan khas orang-orang desa blater, dan saat di bakarpun masih berkali-kali dilumuri bumbu yang sama. Sehingga cita rasanya memang sangat terasa hingga gigitan terakhir. Proses memasak yang berbeda, membuat sate ini juga kuat disimpan hingga tiga hari. bahkan jika disimpan di lemari pendingin bisa lebih lama lagi.








SROTO KRIYIK
Sroto kriyik menggunakan daging ayam yang disuwir untuk sroto dan "rongkong"nya (tulang dada) digoreng hingga kering dan disajikan sebagai lauk sroto. Rasanya garing dan kriyik-kriyik, itu sebabnya disebut sroto kriyik.Sroto kriyik ditambah irisan daun melinjo dan sambel kacang yang pedas










BUNTIL DAUN KELADI

Buntil daun keladi yang diisi parutan kelapa dicampur ikan teri, diberi bumbu bawang, cabai, lengkuas, asam, garam. Cara penyajiannya, buntil disiram kuah pedas berbahan utama santan dan cabai merah, lengkap dengan cabai rawit dibiarkan utuh, tidak diiris. Sangat nikmat dimakan saat hangat dengan nasi yang baru tanak. Untuk oleh-oleh, sebaiknya beli Buntil yang tidak bersantan, karena bisa tahan sampai seminggu. 




MENDOAN
Mendoan ini adalah makanan yang dibuat dari tempe kedelai. Mendoan tak bisa dibuat dari sembarang tempe. Tempe mendoan adalah tempe tipis yang dibuat melebar/meluas. Untuk membuat mendoan ini diberi tepung yang dibumbu garam, ketumbar dan daun bawang. Digoreng sebentar sehingga masih terasa lunak ditambah dengan cabe rawit.




KACANG MIRASA
Kacang mirasa dibuat dengan cara merendamnya pada air sehari semalam. Keesokan harinya dilumuri garam dan dibiarkan dalam bak selama sehari semalam juga. Besoknya baru direndam air lagi selema sehari semalam. Kemudian dijemur di bawah sinar matahari, baru setelah kering disangrai dengan pasir. Jadilah kacang khas purbalingga yang renyah dan 'kemlithik'.



KUE NOPIA
Kue nopia juga disebut telor gajah, bentuknya putih dari tepung terigu berisi gula jawa. Ada juga nopia mini yang biasa disebut mino. Baik nopia maupun mino tersedia dalam berbagai rasa, seperti rasa durian, rasa nana, rasa stroberi dan yang rasanya paling unik rasa bawang merah.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar